Archieve
Posted by Category
Need Our Help?

Request a Quote
Call   +62 81 338 720 777
     
 
blog icon

Mencari Keywords Menggunakan Google Adwords

by : Ivan Parangan   

Wednesday, December 4, 2013

Jika anda berpikir untuk membangun sebuah website, tentunya anda akan memulainya dengan menentukan tema dan kata kunci website terlebih dahulu. Agar website anda dapat terlisting pada mesin pencari Google dengan kata kunci yang anda kehendaki.
Untuk melakukan riset kata kunci atau biasa disebut keywords pada kebanyakan orang mungkin tidak tahu atau bingung harus mulai darimana.

Anda bisa memulai riset untuk keywords yang akan anda gunakan dengan menggunakan tools yang sudah disediakan oleh Google Adwords : Keyword Tool.
Keywords Tool pada awalnya diperuntukan untuk para pemilik website yang ingin mengiklankan website mereka melalui Google. Jadi tujuannya agar pihak pemasang iklan dapat mengetahui kata kunci yang paling sering muncul dan digunakan sebagian besar orang untuk mencari informasi dalam mesin pencarian Google.

Cara untuk melakukan riset keywords dengan google adwords keywords tools sebagai berikut :

Pertama-tama masuk ke panel URL Google Adwords yang sudah disediakan oleh Google. Namun sebaiknya sebelum anda membuka link tersebut, terlebih dahulu lakukan login email anda pada browser, untuk menghindari kode verifikasi dan dapat langsung masuk ke panel Google Adwords.

Pada menu "Tools & Analysis" pilih sub menu "Keywords Planner". Hasilnya seperti gambar dibawah ini :



Pada Text Field no.1, masukkan kata kunci yang berhubungan dengan thema dari website yang anda buat. Anda dapat memasukkan lebih dari satu kata kunci.

Pada Text Field no.2, anda dapat memasukkan url dari website lain yang menjadi referensi anda atau se-ide dengan thema website anda. Namun apabila anda ingin menggunakan kata kunci sendiri, anda bisa membiarkan bagian ini kosong.

Pada Text Field no.3, Pilih kategory yang anda inginkan sesuai dengan thema website yang ingin anda ciptakan.

Pada Text Field no.4, ini adalah bagian "Targeting". Dimana anda dapat menentukan kata kunci yang dihasilkan oleh riset sesuai dengan target audience yang ingin anda tuju. Pilihannya sebagai berikut :
- Targeting Country : secara default yang akan tampil adalah United States. Ini adalah negara yang ingin anda tuju sebagai target market dari website anda. Silahkan mengubah bagian ini apabila target market anda di negara tertentu.
- Targeting Bahasa : secara default, kata kunci menggunakan English. Bisa diganti sesuai kebutuhan bahasa yang anda inginkan untuk kata kunci yang dihasilkan oleh riset nantinya.
- Targeting Search Engine : ini untuk menentukan kata kunci riset dari search engine tertentu. Secara default pilihannya adalah Google Search. Namun apabila ingin mendapatkan hasil dari Search Engine lain, terdapat pilihan untuk menggunakan search engine yang menjadi partner dari google.
- Negative Keywords : adalah kata kunci yang anda tidak inginkan. Ini diperuntukan bila anda ingin memasang advertising pada google untuk website anda, maka kata kunci tertentu yang anda isi disini tidak akan memunculkan website anda ketika di search oleh orang lain. Anda dapat mengabaikan ini, karena tujuan dari artikel ini adalah untuk mendapatkan hasil riset kata kunci yang anda butuhkan untuk website anda.

Setelah itu anda dapat menekan tombol "Get Ideas". Maka akan muncul hasil riset dengan menampilkan kata kunci yang bisa anda gunakan untuk website atau blog anda. Untuk implementasi dari kata kunci tersebut dan penerapannya pada website, anda dapat menghubungi kami lebih lanjut.

Selamat mencoba!!